Strawberry, cokelat, dan vanila adalah beberapa rasa makanan yang selalu laku dan disukai banyak orang dari masa ke masa. Hampir semua produk makanan dan minuman manis menyediakan ketiga rasa tersebut. Bagi pebisnis pemula, membeli varian rasa strawberry, cokelat, dan vanilla pasti dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli bubuk minuman rasa Strawberry.

1. Tanggal Kadaluarsa

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih bubuk minuman rasa strawberry adalah tanggal kadaluarsa. Produk apapun yang sudah kadaluarsa sebagus apapun mutunya tetap tidak bisa digunakan karena sangat berbahaya bagi konsumen.

Jika pembelian bubuk dimaksudkan untuk dijual dalam bentuk minuman misalnya, maka akan membahayakan konsumen. Perkirakan kebutuhan harian penggunaan bubuk agar habis sebelum masa kadaluarsa. Sebab jika sudah kadaluarsa bubuk harus dibuang.

2. Segel Kemasan

Segel berkaitan erat dengan kualitas barang di dalam kemasan. Kemasan bubuk minuman rasa strawberry biasanya berupa plastik atau kantong alumunium. Pada bagian atas kemasan ada yang menggunakan desain klip sehingga mudah di buka dan tutup kembali. Adapula yang berdesain sekali buka dan harus dimasukkan dalam toples.

Kedua jenis kemasan ini harus dipastikan tertutup rapat saat pembelian, karena jika ada lubang udara sekecil apapun dapat menyebabkan kualitas bubuk minuman rasa strawberry berkurang. Mulai dari aroma yang berubah, warna memudar, hingga bubuk menggumpal.

3. Harga Jual

Harga jual bubuk ini berkisar antara 45 ribu hingga 70 ribu per kilogram. Pilih barang yang dijual dalam kisaran harga wajar. Harga terlalu tinggi jelas akan meningkatkan modal usaha. Sedangkan harga yang terlalu murah mungkin berindikasi negatif. Misalnya bubuk sudah hampir kadaluarsa, atau memang kualitas bahan rendah.

Tanyakan kepada penjual bagaimana kualitas bahan tersebut. Bila perlu bandingkan dan tanyakan kepada toko lain agar lebih mantap saat membeli. Bahan dengan kualitas yang berbeda pasti memiliki harga jual yang berbeda pula. Yang perlu dicurigai adalah jika menjumpai barang dengan ciri fisik sama namun memiliki harga jauh berbeda satu sama lain.

4. Rasa Bubuk

Bubuk minuman rasa strawberry tentunya harus memiliki rasa strawberry. Ini berasal dari penguat rasa dan aroma yang ditambahkan saat proses pembuatan bubuk strawberry. Terkadang ada bubuk yang memiliki rasa terlalu kuat hingga terasa tidak nyaman di tenggorokan saat diminum. Pilih bubuk dengan rasa yang wajar dan tidak terlalu menyengat agar bisa diolah ke dalam berbagai makanan dan minuman.

5. Warna Bubuk

Warna bubuk minuman rasa strawberry biasanya pink atau merah muda. Asal warna ini ialah dari pewarna makanan yang dicampurkan saat proses produksi. Fungsinya adalah untuk menarik minat pembeli dan meningkatkan nafsu makan. Bukan rahasia lagi bahwa warna makanan dan minuman menjadi daya tarik pembeli khususnya anak-anak.

Namun, sebagai penjual minuman yang bertanggung jawab, memilih bubuk dengan kualitas tinggi adalah hal yang wajib dilakukan. Warna ideal dari bubuk minuman seharusnya tidak terlalu mencolok dan berlebihan. Pemberian pewarna makanan yang terlalu bisa mengurangi cita rasa dan bahkan memberi rasa pahit pada minuman atau makanan. Jadi hindari bubuk yang berwarna terlalu mencolok.

Kelima hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi orang yang baru pernah membeli bubuk minuman rasa apapun. Sebab penjual makanan dan minuman yang menggunakan bubuk rasa harus bertanggungjawab atas kesehatan dan kepuasan konsumen. Semakin baik kualitas minuman yang dijual maka semakin banyak pelanggan, yang mengakibatkan bertambahnya keuntungan penjual itu sendiri.

WhatsApp chat