Terobosan dalam industri makanan selalu bertambah setiap waktu. Dahulu biji kopi dikonsumsi dengan cara sederhana, yaitu disangrai kemudian ditumbuk hingga menjadi kopi bubuk hitam yang diseduh oleh petani hingga pejabat. Kini, semakin luasnya pengaruh budaya luar mengakibatkan kopi tak hanya dinikmati dalam bentuk minuman kopi hitam. Cappucino, adalah salah satu hasil menularnya budaya kuliner dari Italia ke Indonesia. Bubuk minuman rasa Cappucino dihasilkan dan diperjualbelikan secara bebas. Berikut adalah keunikan bubuk tersebut dibandingkan dengan bubuk kopi hitam yang sudah lama dikenal di Indonesia.

1. Tidak Berampas

Bubuk cappucino tidak berampas seperti halnya kopi hitam. Cappucino yang dijual di cafe memiliki ciri khas rasa kopi yang ringan dan manis karena sudah dicampur gula dan susu. Kopi yang digunakan juga bukan kopi hitam yang diseduh begitu saja, namun melewati proses panjang yang sulit dimengerti masyarakat awam.

Kesederhanaan kopi hitam pekat yang memiliki ampas di dasar gelas tergantikan dengan bubuk minuman rasa Cappucino yang berkualitas. Bubuk ini bisa disulap menjadi beragam olahan minuman dan makanan yang menggugah selera pecinta kopi, atau pemula yang baru belajar mencintai kopi.

2. Bisa Dijadikan Minuman Panas Dan Dingin

Keunikan yang terdapat dalam bubuk minuman rasa Cappucino, adalah bisa dijadikan minuman panas atau dingin dengan cepat dan mudah. Berbeda dengan kopi bubuk hitam yang harus diseduh air bersuhu tinggi, bubuk ini bisa larut dalam air hangat saja. Meski proses larut agak lebih lama daripada seduhan air panas yang mendidih, namun bubuk kopi berkualitas bisa larut dengan cara diaduk.

Hal ini menyebabkan penjual kopi capucino yang menggunakan bubuk bisa menyajikan kopi panas atau dingin dalam waktu singkat. Pembeli tidak perlu lama mengantri. Dengan racikan bubuk, gula, dan tambahan lain seperti bola-bola kenyal tapioka atau cincau, penjual minuman bisa meraup untung yang tidak sedikit.

3. Rasa Kopi Kuat

Meski diolah dari biji kopi yang mengalami banyak proses, rasa kopi dalam bubuk cappucino cukup pekat. Resep pembuatan minuman juga bisa diatur. Jika menginginkan rasa kopi yang kuat, maka jumlah takaran bubuk bisa ditambah.

Kuatnya rasa kopi bisa jadi merupakan efek dari banyaknya biji yang dihancurkan untuk membuat beberapa gram bubuk cappucino dan beberapa zat yang ditambahkan di dalamnya. Yang jelas, pembuatan bubuk ini pasti sudah melewati proses pemeriksaan kualitas. Proses inilah yang memastikan bahwa bubuk ini aman dikonsumsi seperti mengkonsumsi kopi biasa.

4. Bisa Diolah Menjadi Beragam Resep

Kopi diolah menjadi bubuk agar lebih fleksibel dan mudah diolah. Saat ini, bubuk cappucino bisa diolah menjadi minuman panas atau dingin, campuran perasa kue, puding, dan lain sebagainya. Jika membuat minuman cappucino memerlukan bahan berupa kopi, susu, krimer, dan gula. Kini untuk menambahkan rasa cappucino tidak perlu banyak bahan lagi. Cukup masukkan beberapa sendok bubuk minuman rasa Cappucino ke dalam olahan makanan atau minuman.

5. Lebih Murah Daripada Kopi Kemasan

Bubuk cappucino dijual dalam kemasan kiloan. Harga jualnya jauh lebih murah dibandingkan cappucino sachet. Biasanya kopi sachet yang paling murah berharga sekitar 1000 rupiah. Ini bukan harga kopi dengan rasa cappucino, melainkan kopi biasa. Sedangkan bubuk cappucino per kilogram dijual dalam kisaran 50.000 hingga 70.000 rupiah.

Dari harga pasaran yang sangat murah tersebut, bubuk cappucino tidak hanya menguntungkan untuk dijual namun juga sangat cocok dikonsumsi sendiri. Rasanya yang mirip dengan cappucino cafe serta cara membuat yang sangat mudah, cocok untuk anak kos atau pekerja yang sibuk.

6. Praktis Seperti Kopi Instan

Kepraktisan bubuk cappucino sudah tidak diragukan. Cukup tambahkan gula sesuai selera, maka sajian kopi manis siap dinikmati. Pembuatannya mudah bisa dengan menggunakan air hangat dari dispenser saja. Perbedaannya dengan kopi instan terletak pada kemasan.

Mungkin bubuk cappucino memang agak sulit dibawa untuk bepergian karena dijual dalam bentuk kemasan besar. Namun masih bisa diakali dengan menaruhnya di toples kecil jika akan dibawa bepergian atau berkemah.

Bubuk minuman rasa Cappucino yang berkualitas kadang dijual dengan harga diatas rata-rata. Namun dengan kualitas yang dimiliki mengakibatkan rasa, tekstur, dan sensasi minum cappucino lengkap dalam bubuk tersebut. Penggunaan bubuk ini sangat praktis dan hanya perlu memperhatikan masa kadaluarsanya saja. Jika memang sudah memasuki masa kadaluarsa, jangan memaksakan untuk menghabiskan bubuk. Sebab bisa mengakibatkan sakit atau keracunan.

WhatsApp chat