Bisnis waralaba minuman atau franchise merupakan bisnis yang cukup banyak diminati sebagian besar orang. Ini karena jenis bisnis ini termasuk bisnis mudah dan memiliki banyak keuntungan. Salah satu keuntungan yang menonjol yaitu bisnis ini sudah memiliki merk dan prosedur yang telah dibangun. Jadi pelaku usaha tinggal menjalankan saja. Salah atau franchise yang paling potensial yaitu bisnis waralaba minuman. Banyak orang menjadi sukses berawal dari bisnis ini. Lebih jauh pembahasan mengenai apa itu bisnis waralabar minuman dan apa saja tips untuk memulai bisnis ini, akan kami bahas berikut ini.

Apa Itu Bisnis Waralaba ?

Bisnis waralaba merupakan salah satu jenis bisnis yang berjalan antara pemilik merk dengan pemodal. Dimana pemilik merk disini memberikan hak kepada pemilik modal untuk menjalankan usahanya termauk penggunaan merk sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan yang disepakati bersama.

Dalam dunia waralaba terdapat dua pihak, yaitu pemilik modal dan pemilik merk. Pihak pemilik modal disebut terwaralaba, sedangkan pihak pemilik merk disebut pewaralaba atau franchisor. Pada umumnya cara kerja bisnis ini yaitu terwaralaba wajib membayar sejumlah biaya yang telah ditentukan pewaralaba sebagai hak atas usahanya. Biaya tersebut meliputi royalti, pengadaan peraltan usaha, bahan baku dan lain-lain. Ketentuan nilai biayanya tergantung kepopuleran merk dan kesepakatan kedua pihak.

Tips Memulai Bisnis Waralaba Minuman

Bisnis waralaba minuman merupakan salah satu bisnis waralaba yang paling banyak kita temui, mulai dari di pinggir jalan hingga di mall-mall dan pusat perbelanjaan. Bisnis ini juga termasuk bisnis waralaba dengan skala menengah ke bawah. Tek heran jika banyak terwaralaba terpikat dengan bisnis satu ini. Jika Anda salah satu yang ingin menekuni bisnis ini Anda bisa memperhatikan beberapa tips memulai bisnis waralaba minuman berikut ini.

1. Tentukan Jenis Dagangan

Langkah pertama dalam memulai bisnis adalah menentukan jenis dagangan. Ada banyak jenis bisnis waralaba, Anda bisa memilih sesuai dengan keahlian, ketertarikan, minat konsumen, modal atau biaya yang Anda miliki dan lain sebagainya. Langkah ini harus dipersiapkan secara matang agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan lancar. Untuk waralaba jenis minuman Anda bisa memilih beberapa diantaranya seperti booth minuman cappuccino cincau, minuman cokelat, thai tea, es krim, the tarik dan lain sebagainya.

2. Tentukan Lokasi Yang Tepat

Lngkah kedua yaitu menentukan lokasi. Anda bisa memilih lokasi yang ramai dan kalau bisa tidak ada saingan. Sebenranya usaha minuman bisa berhasil dimana saja asal tekun menjalaninya, apalagi minuman merupakan kebutuhan setiap orang. Maka usaha ini sebenarnya memiliki peluang yang cukup besar untuk memperoleh keuntungan.

3. Desain Booth Semenarik Mungkin

Desain booth yang menarik perhatian banyak orang ternyata berpengaruh pada banyaknya pembeli. Anda tak harus menyediakan booth yang besar, cukup bersih, tertata dan memiliki penerangan yang terang dan mencolok, maka itu cukup untuk menarik perhatian pembeli. Jangan lupa juga untuk menampilkan nama dagang Anda yang jelas dan besar, bila perlu hias booth dengan gambar atau desain unik yang menarik pembeli.

4. Pilih Waralaba Dengan Harga Produk Terjangkau

Ada banyak jenis bisnis waralaba seperti kesehatan dan kecantikan, laundry, makanan, retail, minuman dan lain-lain. Waralaba makanan dan minuman menjadi bisnis waralaba dengan harga produk yang murah. Misalnya saja untuk jenis waralaba minuman dengan bahan baku bubuk minuman memiliki harga yang terjangkau. Untuk satu jenis rasa bubuk minuman Anda hanya dikenakan biaya mulai dari Rp. 50.000 per kilo. Sedangkan satu kilo bubuk minuman bisa dibuat menjadi lebih dari 10 porsi minuman untuk dijual. Terbayang kan, untung yang akan didapat dari bisnis satu ini? Untuk mendapatkan harga terbaik bubuk minuman Anda bisa membeli dengan kami. Kami menawarkan harga terbaik sesuai kualitas.

Nah, sudah tahu kan apa itu bisnis waralaba dan tips-tips sebelum memulainya? Bagi pelaku bisnis yang masih pemula bisnis waralaba minuman ini cocok dijadikan bisnis dengan skala menengah ke bawah. Anda bisa memulainya dengan memahami apa itu bisnis waralaba lebih jauh lagi dan memperhatikan tips serta kiat-kiat memulainya.

WhatsApp chat