Bagi pecinta susu tentu tahu kan  apa itu susu evaporasi? Ya, susu evaporasi merupakan susu sapi yang 60% kadar airnya dihilangkan dari susu segar. Susu ini mengandung separuh gizi yang setara dengan susu segar dan tidak mengandung gula tambahan. Susu evaporasi telah dikenal sejak dahulu sebagai pengganti susu segar karena sifatnya yang lebih tahan lama dibanding susu segar. Dahulu rumah tangga di bagian bumi belahan darat menggunakannya sebagai bahan untuk membuat hidangan penutup. Bisa dikatakan susu evaporasi merupakan susu yang cocok sebagai bahan olahan makanan maupun minuman yang telah dikenal sejak dahulu. Lebih lanjut mengenai susu evaporasi, akan dibahas berikut ini.

Perbedaan Susu Evaporasi Dan Susu Kental Manis

Apakah Susu Evaporasi Berbeda Dengan Susu Kental Manis? Jawabannya adala ya, dua jenis susu ini memang berbeda meskipun sekilas tampak sama. susu kenatl manis merupakan susu evaporasi yang telah ditambah dengan gula dan pemanis rasa, sementara susu evaporasi tanpa gula dan pemanis tambahan.

Saat proses pengolahan, susu segar yang akan diolah menjadi susu evaporasi akan mengalami proses vakum dan penguapan. Pada proses itu susu akan kehilangan 60% kadar airnya. Setelah melalui proses penguapan tersebut kemudian susu dihomogenisasi lalu disterilkan untuk mengoptimalkan daya tahan penyimpanannya. Sedangkan susu kental manis setelah melewati proses penguapan di atas kemudian ditambahkan dengan gula.

Keuntungan Menggunakan Susu Evaporasi Dalam Olahan Makanan Dan Minuman

Susu evaporasi memang telah dikenal sejak dahulu sebagai susu yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat hidangan penutup. Susu ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan untuk membuat aneka kue dan roti. Teksturnya yang lebih kental membuat susu ini banyak digunakan pada pembuatan kue-kue yang berbahan dasar susu seperti milk bath cake, pudding susu, pie susu dan aneka dessert yang bertekstur creamy lainnya. Bahkan susu ini bisa membuat tampilan permukaan roti jadi mengkilat lho.

Tak hanya cocok untuk bahan olahan makanan, susu evaporasi juga sangat cocok dijadikan campuran aneka minuman. Kadar air yang rendah dan tanpa adanya pemanis tambahn membuat citarasa susu ini gurih dan manis saat dipadukan dengan aneka minuman. Untuk mencampurnya sebagai campuran minuman, Anda bisa menambahkan air agar teksturnya lebih cair. Dengan begitu penggunaannya bisa lebih hemat dan mengutungkan usaha Anda.  Jenis susu ini juga memiliki kelebihan lebih rendah kalori dibanding susu kental manis, sehingga tetap aman dikonsumsi sebagai bahan olahan makanan maupun minuman.

Harga Susu Evaporasi

Untuk mendapatkan manfaat dan citarasa lezat dari susu evaporasi ini Anda bisa membelinya dengan harga yang terjangkau. Untuk satu kaleng susu evaporasi F&N bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 17.000. Selain kaya manfaat dan rasanya yang enak susu ini juga telah mengantongi label halal yang aman untuk dikonsumsi. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan membeli susu evaporasi F&N di Jakarta Powder dengan harga yang sesuai dengan kualitas.

Tips Menyimpan Susu Evaporasi

Walaupun susu ini bisa dibilang awet untuk disimpan dalam waktu yang cukup lama, namun penyimpanannya juga harus diperhatikan dengan baik. Adapun beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk menyimpan susu evaporasi agar lebh tahan lama terutama jika sudah terbuka kemasannya.

  1. Pindahkan ke dalam wadah kedap udara dan kering
  2. Simpan dalam kulkas dengan suhu 10-15 derajat celcius
  3. Sebaiknya gunakan susu tidak lebih dari 2 minggu setelah dibuka kemasannya
  4. Apabila terlanjur terbuka Anda bisa memasukannya ke dalam freezer dan tidak dianjurkan untuk menggunakannya jika telah lebih dari 7 minggu

Jika mempertimbangkan kualitas, menggunakan susu evaporasi untuk bahan olahan makanan atau minuman adalah pilihan tepat. Pasalnya susu ini tak hanya baik untuk dikonsumsi juga memiliki citarasa yang gurih dan lezat untuk makanan maupun minuman. Anda bisa mencobanya dengan memesan langsung melalui kontak yang tertera pada website ini.

WhatsApp chat